Wednesday, May 4, 2016

Tips menangani serangan jantung.

Tips menangani serangan jantung., Serangan jantung, secara singkat bisa dijelaskan karena pasokan darah menuju jantung terganggu karena penggumpalan daerah. Penggumpalan darah bisa disebabkan karena lemak tubuh, kolesterol. Karena terhambatnya aliran darah ke jantung secara langsung mengakibatkan otot jantung rusak dan hancur. Serangan jantung umumnya muncul pada penderita adalah, sesak napas, nyeri di bagian dada, badan terasa lemah, kepala pusing dan perasaan selalu merasa gelisah dan cemas.
Cara mengatasi serangan jantung

Serangan jantung tidak bisa ditentukan secara tepat karena terkadang bisa muncul dengan gejala yang berbeda atau beberapa gejala sekaligus. Serangan jantung juga tidak tergantung dengan keparahan sakit dada penderita, karena sakit dada belum tentu terjadi pada semua orang. Karena itu saat seseorang terkena serangan jantung dengan gejala sakit dada sering terjadi salah diagnosa sebagai penyakit biasa. Bisa juga terjadi terjadi serangan sakit dada yang ternyata bukan serangan jantung.
Sebab-Sebab terjadinya serangan jantung.
Serangan jantung bisa terjadi karena beberapa hal antara lain sebagai berikut :
-      Merokok
-      Kolesterol
-      Tekanan darah tinggi
-      Timbunan Lemak di darah yang diakibatkan sering mengkonsumsi makanan berlemak
-      Tubuh besar karena kelebihan berat badan atau bisa disebut juga sebagai obesitas
Penanganan Medis untuk Serangan Jantung
Penanganan untuk serangan jantung bisa dikategorikan harus segera ditangani. Karena jika terlambat akan mengakibatkan komplikasi yang memperparah kondisi penderita yang bisa mengakibatkan kematian. Biasanya pengobatan untuk penderita serangan jantung adalah obat yang fungsinya melarutkan gumpalan darah yang menuju jantung. Tergantung dengan tingkat keparahan penderita. 
Beberapa Gejala Serangan Jantung
Serangan jantung bisa terjadi dengan beberapa kondisi karena keterlambatan penanganan medis. Berikut beberapa macam serangan jantung yang umum terjadi :
1.    Gagal Jantung, penyebab kondisi ini adalah karena jantung tidak bisa memompa darah ke jantung secara efektif.
2.    Aritmia, bisa juga disebut detak jantung tidak normal, berdegup makin cepat dan akhirnya berhenti berdetak (cardiac arrest).
3.    Syok Kardiogenik, kondisi ini terjadi karena otot jantung sudah rusak parah hingga gagal memasok darah ke seluruh tubuh dengan baik.
4.    Jantung retak,
Peluang penyembuhan
Penderita serangan jantung bisa pulih akan tetapi tergantung tingkat kerusakan otot jantung. untuk penyembuhan serangan jantung tidak bisa diprediksi waktunya, bisa beberapa minggu bisa juga beberapa bulan. Proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cara merubah gaya hidup terutama pola makan. Dihitung secara umum 33 persen yang mengalami serangan jantung meninggal, dan kebanyakan karena terlambat ke rumah sakit. Hal ini mungkin terjadi di kawasan negara berkembang belum tersebarnya tenaga medis seperti di negara maju. Peluang hidup penderita serangan jantung sangat tergantung pada penanganan medis yang dilakukan setelah serangan terjadi. Semakin lama penanganan medis yang dilakukan maka akan mengurangi peluang hidup penderita serangan jantung. 

Artikel ini sudah dimuat dalam salah satu blog saya yang berbahasa Inggris, bahasa Inggris hasil translate (ha..ha..masih cetak bahasa Inggrisnya). makanya saya muat kembali ke dalam Bahasa Indonesia rasanya lebih Afdol. Demikian mengenai tips menangani serangan jantung. 

2 comments:

  1. terimakasih gan informasinya, kalau mau bebas serangan jantung rajin-rajinlah berolaharaga dan menjaga asupan makanan.
    Obat Untuk Jantung
    Obat Khusus Jantung Koroner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok. trims sarannya. Itulah masalahnya non, aku ini paling tidak suka olahraga. seperti kebanyakan orang maunya sehat tapi olahraga tidak.

      Delete