Wednesday, May 4, 2016

Buah Jengkol dan Kesehatan

Buah jengkol dan kesehatan, buah Jengkol (Archidendron pauciflorum, atau Pithecellobium jiringa) merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Buah jengkol dijadikan salah satu menu makanan khas Indonesia. Makanan olahan berbahan dasar jengkol sangat disukai di Indonesia.
Manfaat buah jengkol bagi kesehatan

Fakta unik dari jengkol adalah disamping memiliki bau menyengat ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, cuma dengan catatan tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya, menurut hasil penelitian disarankan makan jengkol cuma 3 – 10 gram per hari. Karena kalau berlebihan dalam mengkonsumsi jengkol akan terkena asam jengkolat.

Dibidang kesehatan jengkol memiliki banyak manfaat seperti :
1.    Menyehatkan Jantung Koloner, karena dalam jengkol memiliki vitamin, mineral dan serat yang sangat baik bagi penderita jantung koroner.
2.    Mencegah Penyakit Gula (Diabetes melitus), manfaat luar biasa dari jengkol salah satunya adalah mencegah penyakit diabetes.
3.    Mencegah Anemia, zat besi adalah salah satu kandungan di dalam jengkol, fungsinya mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah. Caranya yaitu mengkonsumsi jengkol 3 – 5 gram per hari.
4.    Membasmi Radikal Bebas dalam tubuh, jengkol memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal zat radikal bebas dalam tubuh.
5. Pembentukan Jaringan Tubuh, protein dalam jengkol bermanfaat membantu pembentukan jaringan tubuh.
6.    Mengatasi Perut Buncit, kandungan serat yang sangat tinggi dalam jengkol membantu melancarkan buang air besar, karena percernaan lancar otomatis perut tidak akan buncit.    


Meskipun jengkol banyak manfaatnya, tetapi ada juga sisi negatifnya yaitu bila mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Salah satu penyakit yang timbul jika berlebihan dalam mengkonsumsi jengkol adalah penyakit ginjal. Memang benar kata orang, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bukan cuma jengkol bahkan vitamin saja, jika dikonsumsi yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dianjurkan makan dengan porsi yang sudah disarankan yaitu 3 – 10 gram saja per hari. Demikian tulisan mengenai Buah Jengkol dan Kesehatan. 

No comments:

Post a Comment