Sunday, May 1, 2016

Sayur terenak di kalimantan?

Sayur terenak di kalimantan? Kali ini penulis mencoba menjabarkan sayur terenak di kalimantan. Mungkin bagi sebagian orang, sayur yang ini tidak enak. Hampir disetiap pelosok kalimantan terdapat sayur jenis ini. Karena memang sayur ini adalah tanaman khas kalimantan, yang tumbuh alami meskipun tanpa di tanam.  Sayur ini enaknya dimasak oseng pedas setelah lebih dahulu di rebus, kemudian dicampur dengan sarden. Nyam....nyam...nyam.... pasti mengundang selera.
Sayur terenak di kalimantan?
Sayur Kanjat


Sayur yang penulis maksud adalah kanjat, nama yang disematkan oleh orang dayak ngaju sejak jaman dulu, sayur kanjat disetiap daerah berbeda-beda namanya. Contohnya orang kadorih menyebut kanjat dengan nama LOPANG (maaf jika salah dalam penulisan nama). Tanaman kanjat yang penulis ketahui ada dua macam, yaitu yang rasanya pahit dan yang tidak pahit.
Sebenarnya masih banyak tanaman khas kalimantan yang mempunyai citarasa unik dan sedap, dan bahkan sekarang sudah digilai oleh para penduduk dari luar kalimantan. Sebut saja KALAKAI, BAJEI, yang sudah masuk ke restoran-restoran, dan bagi penulis semuanya bisa dikatakan sebagai sayur terenak di kalimantan.

No comments:

Post a Comment