Monday, May 2, 2016

Makna antara hitam dan putih

Makna hitam dan putih adalah keseimbangan, itulah yang ada di semesta ini. Ada gelap ada terang, ada kejahatan ada kebaikan, ada baik ada buruk, selalu seperti itu. Catatan hari ini mengenai kesimbangan, hitam putih, gelap terang.
Makna antara hitam dan putih
Bangzai
Hitam selalu dianggap sebagai sesuatu yang buruk, sesuatu yang sesat, sesuatu yang berasal dari kegelapan, sesuatu yang kotor. Warna hitam juga menjadi pilihan kalau melalukan suatu kejahatan, maling atau perampok seringnya memakai warna hitam. Lucu kalau dibayangkan mereka memakai warna putih. Putih adalah terang, putih adalah siang, putih adalah cahaya, putih adalah suci. Putih adalah definisi lawan hitam.

Baca Juga : ANAK BELAJAR DARI ORANG TUA YANG KURANG AJAR

Hitam dan putih, sebenarnya memiliki makna yang sangat indah yaitu mengenai prinsip keseimbangan seperti Yin Yang dalam kepercayaan China. Didalam putih pasti selalu ada hitam, begitulah keseimbangan alam semesta. Begitu juga dalam diri manusia, dalam ajaran agama Islam, manusia di ciptakan dari dua unsur yang saling tarik menarik, unsur tersebut adalah Unsur Samawi atau unsur Langit, dan unsur Ardhi atau unsur Bumi. Jika manusia tertarik ke unsur Samawi (langit) maka dia akan menjadi seorang yang Alim, sebaliknya jika manusia tertarik ke unsur Ardhi (bumi) maka dia akan menjadi hamba nafsu atau keburukan. (Untuk makna lebih tepat silahkan minta kepada seorang yang lebih paham masalah ini).

Antara Hitam dan Putih
Dalam kehidupan ini kesembingan adalah keindahan dan harmonisasi. Yang menciptakan harmonisasi dan keindahan adalah mencakup semua perbedaan tidak mesti harus sesuatu yang serba sama. Beda itu indah jika semua bersatu, perbedaan itulah yang menjadikan segala sesuatu indah. (renungkan arti dari paragraf ini).
Penulis adalah salah satu dari sekian banyak yang mendambakan harmonisasi di semesta ini. Dalam harmonisasi tidak mengharamkan perbedaan, karena perbedaan tidak akan bisa dipisahkan dari kehidupan ini. Dalam menciptakan harmonisasi tidak berarti memaksa orang lain agar sejalan dengan apa yang kita yakini. Penting untuk diingat tentang prinsip keseimbangan bahwa didalam hitam pasti ada putih, dalam putih pasti ada hitam, dalam gelap pasti ada terang dan dalam terang pasti ada gelap.
Masalah yang sering dihadapi semua orang di dunia adalah perbedaan, tanpa ada toleransi maka akan terjadilah chaos atau kekacauan. Penulis yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa semua yang diciptakan oleh Tuhan ada kebaikan dan manfaatnya. Contohnya nyamuk, tanpa adanya nyamuk mungkin tidak diciptakan obat anti nyamuk berarti yang punya perusahaan tidak jadi orang kaya sekarang, ha..ha...

Pesan yang bisa kita angkat dari tulisan ini adalah gelap dan terang, hitam dan putih selalu ada seiring langkah kita di dunia. Tugas utama kita adalah menyelaraskannya menjadi suatu keseimbangan. Jadi yakinlah makna hitam dan putih adalah keseimbangan.

No comments:

Post a Comment